Selasa, 20 Desember 2011

Arab Sebelum Islam

    Keadaan Alam dan Kehidupan Masyarakat  Arab Selatan

Didaerah Arab Selatan, Curah hujan cukup banyak masyarakatnya hidupdengan bercocok tanam, sehingga tingkat peradabannya cukup tinggi. Disamping itu,letaknya didalam dunia perdagangan sangat strategis (antara India dan Mesir). Didaerah Kerajaan serba meliputi Kerajaan yaitu Kerajaan Saba. Daerah Kerajaan Sabameliputi daerah Yaman sekarang. Bangsa Saba mempunyai sistem pengairan yang baik. Terbukti dari adanya bendungan Ma’rib yang terkenal itu. Kerajaan Saba banyak mendirikan daerah-daerah Koloni di Afrika (Pantai Laut Merah). Daerahkolonialnya yang terkenal diantaranya adalah Abessyara (Habashat). Kerajaan Sabaruntuh pada tahun 575 SM ketika ditundukkan oleh Iran.
 
Arab Tengah
Sebagian besar daerahnya merupakan gurun pasir. Penduduknya hidup berkelompok dan biasa disebut dengan suku Badawi. Mereka hidup dari hasil peternakan dan perampasan kafilah-kafilah yang melewati daerah itu. Mereka adalah pemberanai yang suka sekali berperang dan tidak mau tunduk kepada siapapun.Disebut barat daerah Arab Tengan terdapat jalur perjalanan yang biasadigunakan para kafilah untuk membawa barang-barang dari Asia dibawa ke syariaditeruskan ke Eropa (Romawi).
 
Arab Utara
Arab Utara berbatasan dengan daerah-daerah yang sudah maju sepertiRomawi dan Iran. Daerah ini juga dengan jalur jalan raya Mesir-Romawi-Iran yang bertemu di daerah Palestina merupakan daerah yang menjadi pusat peradaban tinggisejak jaman dahulu. Orang-orang Arab yang berada di daerah itu sudah banyak mendapat pengaruh peradaban asing. Banyak dari mereka yang sudah masuk agamaKristen atau Yahudi bahkan mereka pernah mempunyai Kerajaan sendiri yang bernama kereja Nabatea dengan ibukotanya Petra (+ 200 SM-105 M) dan setelah ituKerajaan Palmyra (+ 250-273 M).Kemudian muncul Kerajaan Ghassan (di syrra) yang memihak Romawi danKerajaan Hira (di Irak) yang memihak Iran, kedua Kerajaan Arab ini tenggelamketika Islam mulai bergerak ke luar Arabia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free tempelate | Blogger by Mbek maen-maen - Premium Blogger Themes | Best Web Host