Selasa, 20 Desember 2011

Saluran Penyebaran Islam

PerdaganganSejak abad ke 7 M para pedagang Islam dari Arab, Persia dan India telah ikutambil bagian dalam kegiatan perdagangan di Indonesia. Di samping berdagangan, para pedagang Islam dapat menyampaikan dan mengajarkan agama dan budaya Islamkepada orang lain termasuk masyarakat Indonesia.
PerkawinanPara pedagang Islam yang melakukan kegiatan perdagangan dalam waktuyang cukup lama. Keadaan ini dapat mempererat hubungan mereka dengan penduduk  pribumi atau dengan kaum bangsawan pribumi. Jalinan hubungan yang baik initerkadang diteruskan dengan adanya perkawinan antara putri kaum pribumi dengan para pedagang islam.
Politik Pengaruh kekuasaan seorang raja sangat besar peranannya dalam prosesIslamisasi. Ketika seorang raja memeluk agama Islam maka rakyat juga akanmengikuti jejak rajanya.Setelah tersosialisasinya agama islam, maka kepentingan politik dilakukanmelalui perluasan wilayah kerajaan, yang diikuti pula dengan penyebaran agamaIslam. Contohnya, Sultan Demak mengirimkan pasukannya untuk mendudukiwilayah Jawa Barat dan memerintahkanuntuk menyebarkan agama Islam. Pasukan itudipimpin oleh Fatahillah
PendidikanPara ulama, guru-guru, ataupun para Kyai juga memiliki peranan yang cukup penting dalam penyebarkan agama dan budaya Islam. Meraka menyebarkan agama
 
Islam melalui bidang pendidikan, yaitu dengan mendirikan pondok-pondo pesantren.
KesenianSaluran kesenian dapat dilakukan dengan mengadakan pertunjukkan senigamelan seperti yang terjadi di Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan lain-lain. Senigamelan ini dapat mengundang masyarakat untuk berkumpul dan selanjutnyadilaksankan dakwah-dakwah keagamaan. Disamping seni gamelan juga terdapat seniwayang. Melalui cerita-cerita wayang itu para ulama menyisipkan ajaran agama Islam.Contohnya:Sunan Kalijaga memanfatkan seni wayang untuk proses Islamisasi.
Tasawuf Para ahli tasawwuf hidup dalam kesederhanaan, mereka selalu berusaha untuk menghayati kehidupan masyarakatnya dan hidup bersama ditengah-tengahmasyarakatnya. Para ahli tasawwuf ini biasanya memiliki keahlian yang dapatmembantu kehidupan masyarakat, diantaranya ahli dalam menyembuhkan penyakit.Penyebaran agama-agama islam yang mereka lakukan disesuaikan dengan kondisi,dalam pikiran, dan budaya masyarakat pada masa itu, sehingga ajaran-ajaran Islamdapat mudah diterima oleh masyarakat. Contoh ahli tasawwuf antara lain HamzahFansuri di Aceh dan Sunan Panggung di Jawa.Melalui berbagai saluran diatas, Islam dapt diterima dan berkembang pesatsejak sekitar abad ke 13 M. Alasanya adalah sebagai berikut .
Islam bersifat terbuka.
Penyebaran islam dilakukan secara damai.
Islam tidak membedakan kedudukan seseorang dalam masyarakat.
Upacara-upacara dalam agama Islam dilakukan dengan sangat sederhana.
Ajaran Islam berupaya untuk menciptakan kesejahteraan kehidupan masyarakatdengan adanya kewajiban zakat bagi yang memiliki harta.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free tempelate | Blogger by Mbek maen-maen - Premium Blogger Themes | Best Web Host