Selasa, 20 Desember 2011

Sumber-smber Berita Masuknya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia

Masuk dan berkembangnya pengaruh agama dan kebudayaan Islam keIndonesia diperkuat oleh beberapa sumber berita sejarah, baik yang berasal dari luar negeri maupun dari dalam negeri sumber-sumber berita itu diantaranya sebagai berikut :
Berita ArabBerita ini diketahui melalui para padagang Arab yang telah melakukanaktifitas dalam bidang perdagangan dengan bangsa Indonesia pada masa perkembangan Kerajaan Sriwijaya (abad ke 7 M) sebagai Kerajaan maritim yangmenguasai jalur pelayanan perdagangan di wilayah Indonesia bagian barat termasuk Selat Malaka. Kegiatan para pedagang Arab di kerajaan Sriwijaya dibuktikan denganadanya sebutan para pedagang Arab untuk Kerajaan Sriwijaya, yaitu Zabag, Zabayatau Sribusa.
Berita EropaBerita ini datangnya dari Marcopolo, ia adalah orang eropa yang pertama kalimenginjakkan kakinya di wilayah Indonesia, ketika ia kembali dari Cina menujuEropa melalui jalan laut. Ia mendapat tugas dari kaisar cina untuk mengantarkan putrinya yang dipersembahkan kepada kaisar Romawi. Dalam perjalanannya itu iasinggah di Sumatra bagian Utara. Di daerah ini ia telah menemukan adanya KerajaanIslam, yaitu Kerajaan samudera dengan ibu kotanya Pasai.
 
Berita IndiaDalam berita ini disebutkan bahwa para pedagang India dari Gujaratmempunyai peranan yang sangat penting didalam penyebaran agama dan kebudayaanIslam di Indonesia, terutama kepada masyarakat yang terletak di daerah pesisir pantai.
Berita CinaBerita ini berhasil diketahui melalui catatan dari Ma-Huan seorang penulisyang mengikuti perjalanan Laksamana Cheng-ho ia menyatakan melalui tulisannya bahwa sejak kira-kira tahun 1400 telah ada saudagar-saudagar Islam yang bertempattinggal dipantai utara Pulau Jawa.
Sumber-sumber dari dalam Negeri, Sumber-sumber ini diperkuat dengan penemuan-penemuan seperti :
Penemuan sebuah batu di Leran (dekat Gresik). Batu bersirat itumenggunakan huruf dan bahasa Arab. Batu itu memuat keterangan tentangmeninggalnya seorang perempuan yang bernama Fatimah binti Ma’mun(1028).
Makam Sultan Malikul Saleh di Sumatera Utara yang meninggal pada bulanRamadhan tahun 676 M atau tahun 1297 M.
Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim di Gresik yang wafat tahun 1419. Jeratmakam didatangkan dari Gujarat dan berisi tulisan Arab.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free tempelate | Blogger by Mbek maen-maen - Premium Blogger Themes | Best Web Host